punya yuli......

Senin, 13 Desember 2010

ESAI

BEM FATETA merupakan Badan Eksekutif Mahasiswa untuk Fakultas Teknologi Pertanian di IPB. Untuk periode kepengurusan 2009/2010 yang menjabat sebagai ketua BEM FATETA yaitu Muhamad Reza Pahlevi, mahasiswa jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan . Dalam kepengurusannya dibentuk Kabinet Merah Saga. Menurut artikel yang saya baca di website BEM FATETA, nama Kabinet Merah Saga diambil dari nama buah yang berwarna merah,yaitu merah saga. Buah saga ini sangat tahan disegala musim atau cuaca, baik panas maupun dingin. Hal ini diibaratkan dalam sebuah organisasi yang tahan akan segala cobaan atau permasalahan sehingga cobaan-cobaan tersebut bisa terlewati dan masalah-masalah pun dapat teratasi. Saga ini juga merupakan singkatan dari Satu Raga dan Satu Gagasan. Untuk selanjutnya setelah kepengurusan 2009/2010 berakhir, akan dilanjutkan dengan kepengurusan tahun 2010/2011 yang dipimpin oleh ketua terpilih M. Ramdan S dari jurusan Teknik Sipil & Lingkungan. Motivasi saya bergabung dengan BEM FATETA antara lain agar bisa berkontribusi lebih pada seluruh civitas FATETA melalui salah satu lembaga kemahasiswaan ini, selain itu saya ingin menjadi mahasiswa yang tidak biasa, dalam artian mahasiswa yang tidak biasa yang tidak hanya berkutat antara kuliah,kantin, dan kosan. Harapan saya setelah bergabung di BEM FATETA, saya bisa lebih mendewasakan diri dengan ditempa selama kepengurusan, selain itu bisa menambah pengalaman dan akan lebih banyak belajar untuk lebih memahami hidup sebagai makhluk sosial.
Langkah ke depan yang akan saya lakukan sebagai pengurus BEM FATETA antara lain ingin mewujudkan program ‘Keaksaraan fungsional’, jika sebelumnya program tersebut adalah program dari LPPM alangkah baiknya jika program tersebut diadopsi menjadi program kerja BEM FATETA tahun ini. Keaksaraan fungsional ini kita tujukan untuk desa-desa yang masih tertinggal dan masih banyak warganya yang buta huruf. Secara tidak langsung dengan ini kita juga turut serta membantu mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Departemen yang saya pilih dalam BEM FATETA ini yaitu : 1. Lembaga Struktural Bina Desa, 2. Departemen Bisnis dan Kewirausahaan, dan yang ke-3 Departemen Sosial dan Lingkungan. Menurut saya tidak butuh keahlian khusus untuk masuk departemen pada pilihan pertama dan ke-3,yang dibutuhkan hanya semangat dan jiwa pengabdian yang tinggi. Namun,untuk pilihan yang ke-2 mungkin butuh sedikit keahlian dalam berbisnis dan berwirausaha. Salah satu kompetensi yang bisa mendukung adalah salah satu program kerja BEM FATETA MERAH SAGA yang saya ikuti,terkait dengan kewirausahaan,yaitu RACEL. Sedikit berbicara RACEl, Racel adalah semacam sekolah entrepreneur dan leadership . Banyak hal yang saya dapatkan dari program tersebut, diantaranya adalah menambah relasi terutama para entrepreneur.
Alasan saya menempatkan pilihan pertama,kedua,dan ketiga adalah dari beberapa departemen yang ada,hanya ketiga departemen yang sesuai dengan pribadi saya. Saya lebih suka berkecimpung dengan dunia sosial dan kewirausahaan. Dalam hal sosial lingkungan, saya sudah tergabung dalam “Bina Desa BEM KM”, sedangkan dalam hal kewirausahaan saya sudah bergabung bersama IBSI Corporation yang dipimpin mahasiswa IPB angkatan 45 Mushaf Riva’i. Harapannya jika nanti saya terpilih menjadi BEM FATETA, saya bisa lebih berkarya sesuai dengan minat dan bakat yang saya miliki. Dan bersama BEM FATETA bisa mengepakkan sayap sehingga bisa membuat orang bangga telah mengenal saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar